SMK NEGERI 1 KEBUMEN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Senin, 10 Februari 2014



LOTEK
(PEDAS MANIS GADO-GADO KEBUMEN)






 Masyarakat Kebumen pasti sudah tidak asing dengan yang namanya kotek.Lotek merupakan makanan yang dari sedi bentuk hampir mirip dengan pedel.nah pasti anda tahu pecel kan????? Bagi masyarakat yang kurang tau tentang kotek pasti sedikit bisnis membedakan antara lotek dan pecel.Nah,untuk itu saya akan memberi sedikit info tentang lotek.

APA ITU LOTEK..???
Lotek merupakan salah satu makanan khas kebumen selain lanthing.Makanan ini sangat di gemari oleh masyarakat kebumen karena selain rasanya yang enak cara pembuatannyapun unik.Pembuatan racikan bumbu yang tradisional dengan cara menguleg membuat sensasi rasa tersendiri.Rasa dari lotek bisa pedas ataupun manis tergantung  dari selera pembeli.Namun untuk menikmati makanan ini kita harus sabar menunggu si pedagang untuk meracik bumbu terlebih dahulu.Namun jika makanan ini sudah terhidangkan pasti anda tidak merasa kecewa sudah mencicipi makanan ini karena rasanya yang menggoyang lidah.rasa pedas manis dari makanan ini membuat pecinta makanan ini tidak merasa bosan.Dan makanan ini juga sangat bagus untuk kesehatan karena di makanan ini terdapat banyak godogan sayur (rebusan sayur) yang pastinya kaya akan gizi.


APA BEDANYA DENGAN PECEL…???
Jika berka pecel pasti sudah terbayang di pikiran anda.Lotek hampir sama dengan pecel, perbedaannya terletak pada penyajian racikan bumbu.Penyajian racikan bumbu sangat simple karena bumbu yang digungsungakan sudah di racik di rumah oleh si pedagang tetapi berbeda halnya dengan lotek. Penyajian bumbu lotek tidak seperti itu,si pedagang meracik bumbu langsung di depan pembeli sehingga pembeli dapat mengetahui dan melihat langsung cara pembuatannya.

BAGAIMANA CARA PEMBUATAN LOTEKK…???






Jika anda tidak sempat membeli lotek karena penjual makanan ini jauh dari tempat tinggal anda,tidak usah khawatir karena anda dapat membuatnya sendiri di rumah.Bahan dan alat untuk membuat lotek sangat sederhana dan mungkin ada di sekitar anda.Berikut ini alat ,bahandan cara pembuatannya :
BAHAN
·         Rbusan Sayur Mayur (kangkung,bayam,kecipir,daun singkong,dll)
·         Garam Secukupnya
·         Cabe sesuai selera
·         Kencur
·         Kacang Goreng
·         Gula Jawa
·         Krupuk (jika dibutuhkan)
·         Air Mateng
ALAT
·         Cobek dan ULegan
·         Sendok Besar
CARA MEMBUAT
1.      Letakkan garam secukupnya,cabe sesuai selera,dan kencur kemudian di haluskan.
2.      Tambahkan beberapa kacang goreng secukupnya ,setelah halus beri gula jawa yang telah di potong halus
3.      Setelah semua bumbu sudah halus beri air sedikit kemudian aduk
4.      Jika bumbu sudah siap tambahkan rebusan sayur mayor dan aduk hingga bumbu merata
5.      Sajikan lotek di atas wadah kemudian taburi dengan krupuk dan lotekpun siap disajikan.
Setelah anda tahu cara membuatnya,apakah anda tertarik untuk mencobanya…???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar